Dua vendor perangkat mobile, Apple dan Samsung, menjadi konsumen pembeli chip terbesar sepanjang tahun 2013, menurut survei yang dilakukan lembaga riset Gartner.
Baik Apple dan Samsung jika digabungkan keduanya menghabiskan dana sebesar 53,7 miliar dollar AS untuk membeli chip semikonduktor tahun lalu. Belanja chip keduanya naik 7 miliar dollar AS atau 15,2 persen dibandingkan tahun 2012.
Apple dan Samsung mendominasi pangsa pasar chip sebesar 17 persen, dan keduanya memang telah mendominasi pembelian chip selama tiga tahun berturut-turut.
"Apple dan Samsung mendominasi pembelian chip
selama tiga tahun, kedua perusahaan juga berkembang pesat selama itu,"
ujar Masatsune Yamaji, Principal Research Analyts Gartner. "Selain itu,
keputusan-keputusan yang dibuat Apple dan Samsung memiliki pengaruh
besar pada teknologi dan harga jual industri semikonduktor," imbuh
Yamaji.
Sementara vendor China, Lenovo, berada di peringkat empat pembeli semikonduktor berkat lini produk komputer pribadi (personal computer/PC) dan bisnis smartphone mereka. Huawei juga termasuk dalam daftar 10 teratas untuk pertama kalinya.
Kesepuluh
perusahaan tersebut secara total menghabiskan dana 114 miliar dollar
AS, dan menyumbang 36 persen keuntungan bagi produsen chip. Di tahun 2012, dana yang dihabiskan adalah 105 miliar dollar AS atau sebesar 35 persen dari total keuntungan.
Gartner memprediksi tahun depan akan semakin banyak permintaan semikonduktor dari vendor China. Namun bisnis chip
diharapkan tidak hanya tumbuh di negeri tirai bambu ini, namun juga di
negara-negara berkembang seperti Amerika Latin dan Afrika.
Namun, dikutip dari Digitimes (24/1/2014), dibalik bisnis yang berkembang pesat ini, ada ketakutan di pihak produsen semikonduktor. Karena, smartphone dan tablet saat ini semakin populer dibanding PC.
Sementara jumlah silikon yang dipakai smartphone
dan tablet lebih sedikit dibanding yang digunakan di PC. Karena itu, di
masa depan permintaan semikonduktor dikhawatirkan bakal semakin
menurun.
Sumber : tekno.kompas.com
0 komentar:
Posting Komentar